Kontak Kami: +62 813-6682-1939

Sunarto : Man­faatkan Teknologi Informasi untuk Peningkatan Pelayanan Publik

Sunarto : Man­faatkan Teknologi Informasi untuk Peningkatan Pelayanan Publik

Jakarta, IKAHI.OR.ID -  Wakil Ke­tua Mahkamah Agung Bidang Non Yu­d­isial, Dr. Sunarto, men­gatakan saat ini In­stansi Pe­mer­in­ta­han maupun swasta meng­hadapi tan­ta­n­gan yang perlu dire­spons den­gan cepat melalui peng­gu­naan teknologi in­for­masi yang masif se­hingga ko­mu­nikasi da­pat di­lakukan se­cara real time tanpa di­batasi ruang dan waktu.

Hal terse­but dikatakanya saat meng­hadiri acara la­po­ran Tahu­nan Om­buds­man RI Tahun 2019, Se­lasa (3/?3/?2020).

Ia menam­bahkan, mind­set se­ba­gian aparat yang in­gin di­layani. Pola pikir terse­but su­dah harus di­ubah se­hingga tu­juan disi­ap­kan­nya aparat se­jalan den­gan tu­juan diben­tuknya ne­gara yaitu mem­berikan pelayanan yang baik, dan yang ter­akhir adalah tan­ta­n­gan berupa Gap an­tara pelayanan pub­lik den­gan ek­spek­tasi pub­lik.

“Meskipun di berba­gai in­stansi telah mem­berikan pelayanan pub­lik sesuai den­gan stan­dar pelayanan bahkan terus dit­ingkatkan, na­mun masyarakat se­lalu berharap in­stansi da­pat mem­berikan pelayanan yang lebih baik lagi. Un­tuk men­jem­bat­ani GAP terse­but, maka diper­lukan pe­man­faatan Teknologi In­for­masi agar pelayanan pub­lik sesuai den­gan ek­spek­tasi pub­lic,” ungkap­nya.

Menu­rut­nya era ini men­dorong se­tiap in­stansi pe­mer­in­ta­han maupun swasta un­tuk da­pat mem­berikan pelayanan yang cepat dan tepat.  Mahkamah Agung telah mener­bitkan be­ber­apa ke­bi­jakan dalam rangka memas­tikan pen­cari kead­i­lan men­da­p­atkan pelayanan yang baik, hal ini juga se­ba­gai bukti konkret bahwa

Mahkamah Agung sendiri men­dukung prin­sip keter­bukaan in­for­masi melalui penye­di­aan Web­site yang menya­jikan in­for­masi bagi masyarakat berupa tata cara pen­ga­juan gu­gatan/?per­mo­ho­nan, prose­dur per­si­dan­gan, be­sarnya pan­jar bi­aya perkara, dan se­mua hal yang terkait pen­gadi­lan dan Sis­tem In­for­masi Penelusuran Perkara (SIPP) serta berba­gai ap­likasi lain­nya.

MA juga telah men­er­ap­kam Pelayanan Ter­padu Satu Pintu (PTSP). Pro­gram ini di­tu­jukan agar para pi­hak berperkara dan yang bukan berperkara hanya da­pat berin­ter­aksi den­gan pi­hak pen­gadi­lan di bagian de­pan un­tuk men­da­p­atkan pelayanan yang di­inginkan dan mence­gah ter­jadinya in­ter­aksi yang da­pat men­ju­rus kepada hal-hal yang bersi­fat ko­rup­tif.

Syam­sul Arief

  • [Download File] - lTgJL_FCEgDTNIHpZNOnHg5jrKgVrxqV1583421651.jpg
  • Tentang Penulis

    Administrator
    Administrator

    .