Kontak Kami: (+6221) 344 9335
Wu­jud Layanan Peradi­lan Bagi Masyarakat Tidak Mampu yang Di­lakukan MA Tahun 2019

Jakarta, IKAHI.OR.ID - Bentuk komit­men Mahkamah Agung un­tuk mem­berikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu terus berlang­sung se­ba­gai wu­jud penye­di­aan ak­ses ter­hadap kead­i­lan terutama bagi masyarakat tidak mampu meru­pakan pi­lar pent­ing dalam ne­gara hukum.

Seperti di­lan­sir La­po­ran Tahu­nan MA tahun 2019 peng­guna layanan pem­be­basan perkara berjum­lah 19.377 perkara yang be­rasal dari lingkun­gan Peradi­lan Umum se­banyak 1.737 perkara.

Layanan ter­banyak pem­be­basan perkara diberikan oleh Peradi­lan Agama se­banyak 17.624 perkara.Se­men­tara Peradi­lan Tata Us­aha Ne­gara se­banyak 16 perkara.

Se­men­tara itu pe­man­faatan Pos Ban­tuan Hukum (Pos­bakum) di lingkun­gan pen­gadi­lan Mahkamah Agung pada tahun 2019 men­ca­pai 312.436 perkara. Dari  312.436 perkara terse­but yang be­rasal dari lingkun­gan Peradi­lan Umum se­banyak 98.314 perkara. dari Peradi­lan Agama se­banyak 213.605 perkara dan Peradi­lan Tata Us­aha Ne­gara se­banyak 517 perkara.

Syamsul Arief