Kontak Kami: (+6221) 344 9335
SELAMAT! YM. DR. H.M SYARIFUDDIN,.S.H., M.H TERPILH SEBAGAI KETUA MA PERIODE 2020-2025

Jakarta, Sekretariat : Akhirnya setelah melalui proses panjang sidang paripurna khusus dengan agenda Pemilihan Ketua Mahkamah Agung periode 2020-2025 telah memutuskan YM. DR.  H.M SYARIFUDDIN,.S.H., M.H sebagai Ketua Mahkamah Agung terpilih Periode 2020-2025. Sidang paripurna khusus yang dipimpin oleh YM Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta ALi,. S.H, M.H berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB.

Pemilihan Ketua Mahkamah Agung kali ini dikuti oleh 47 Hakim Agung sebagai pemegang hak suara, namun Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. M. Hatta ALi,. S.H, M.H menyatakan di awal sidang sebelum pemilihan bahwa dirinya tidak menggunakan hak pilihnya " untuk mendukung objektifitas saya, maka saya meminta maaf kepada seluruh peserta sidang paripurna dan kepada ketua panitia dan anggotanya agar saya dicoret untuk tidak melaksanakan hak pilih saya," ujar Ketua MA disambut riuh tepuk tangan peserta.

DUA PUTARAN PEMILIHAN

Sesuai dengan tata tertib pemiihan Ketua Mahkamah Agung, proses pemilihan kali ini berlangsung 2 (dua) kali putaran karena tidak ada calon pada putaran pertama yang mampu memperoleh suara 50 persen tambah satu suara. " untuk itu karena tidak ada yang mencapai ketentuan tersebut, kita lanjutkan ke putaran kedua," ucap Ketua Mahkamah Agung.

Pada putaran pertama, hakim agung yang mampu masuk namanya dalam papan pengumuman adalah :

  1. Dr. H.M Syarifuddin,. S.H., M.H dengan perolehan 22 Suara
  2. Dr. H. Andi Samsan Nganro., S.H., M.H dengan perolehan 14 Suara
  3. Dr. H. Sunarto., S.H., M.H dengan perolehan 5 Suara
  4. Prof. Dr. H. Supandi., S.H., M.H dengan perolehan 1 suara
  5. Dr. H. Amran Suadi., S.H., M.H., M.M dengan perolehan 1 suara
  6. Dr. H. Suhadi., S.H., M.H dengan perolehan 1 suara

Dengan Total suara sah 44 Suara, Suara tidak sah 2 suara dan Abstain 1 suara.

Pada putaran kedua setelah ditetapkan oleh pimpinan sidang, maka calon YM Dr. H.M Syarifuddin,. S.H., M.H dan YM Dr. H. Andi Samsan Nganro., S.H., M.H dinyatakan berhak untuk mengikuti pemilihan putaran kedua. Lebih kurang pukul 13.10 WIB penghitungan suara dimulai dan akhirnya dinyatakan usai pukul 13.40 dengan hasil akhir, sebagai berikut:

  1. Dr. H.M Syarifuddin,. S.H., M.H dengan perolehan 32  Suara
  2. Dr. H. Andi Samsan Nganro., S.H., M.H dengan perolehan 14 Suara

Dengan total suara sah 46 suara dan Abstain 1 suara.

Berdasarkan hasil akhir tersebut, pimpinan sidang paripurna khusus Prof. Dr. M. Hatta ALi,. S.H, M.H  membacakan berta acara pemilihan Ketua MA dan selanjutnya menetapkan Dr. H.M Syarifuddin,. S.H., M.H  sebagai peraih suara terbanyak dan dinyatakan sebagai Ketua MA terpilih periode 2020-2025.

Untuk itu, segenap Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia dan seluruh Anggota IKAHI di seluruh Indonesia mengucapkan selamat kepada Ketua MA terpilih YM Dr. H.M Syarifuddin,. S.H., M.H semoga dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan membawa lembaga Mahkamah Agung mewujudkan visi dan misinya yaitu mewujudkan peradilan yang agung. Selalnjutnya, tidak lupa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada YM Prof. Dr. M. Hatta ALi,. S.H, M.H  atas dedikasinya, pengabdiannya selama 8 tahun 2 bulan memimpin Mahkamah Agung serta menjadikan lembaga Peradilan tertinggi di Indonesia ini menjadi lembaga yang modern, berbasis teknologi informasi serta dengan capaian-capain mpnumental lainnya selama ini, terimakasih semoga YM senantiasa diberikan kesehatan selama menjalani masa-masa purnabakti. Aamin YRA

(Abdurrahman Rahim)