Kontak Kami: (+6221) 344 9335
MA Gelar Pameran Kampung Hukum

IKAHI.or.id, JAKARTA - Setiap tahun Mahkamah Agung menyelenggarakan sosialisasi hukum kepada publik melalui kegiatan bertajuk Pameran Kampung Hukum. Pagi tadi (25/2/2020) Pameran ini kembali digelar sebagai ajang publikasi kebijakan, prestasi dan capaian kinerja serta sekaligus menjadi ajang mencari ilmu dan pengetahuan terkait hukum bagi para pengunjung.

Acara yang dikemas dengan suasana menyenangkan ini juga diikuti oleh kementrian/lembaga hukum yang “memamerkan” berbagai kebijakan dan prestasi masing-masing lembaga.

Kepala Biro Hukum dan Humas, Dr. Abdullah, SH., MH mengatakan tahun lalu Pameran Kampung Hukum diselenggarakan di Jakarta Convention Centre pada  25-26 Februari 2020. Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 1000 pengunjung yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, advokat, dan masyarakat umum. Pameran diisi dengan beragam kegiatan seperti talkshow, games, dan serangkaian kegiatan lain.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia Dr. Suhadi, SH.MH. yang hadir pada kegiatan tersebut menyatakan sangat terkesan dan menilai  Pameran Kampung Hukum tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana biasanya hanya diselenggarakan dalam satu hari, tahun ini digelar dua hari.

“IKAHI mendukung kegiatan ini dan karena banyaknya antusiasme pengunjung, maka sangat tepat jika Pameran Kampung Hukum tahun 2020 diadakan selama dua hari yaitu pada 25-26 Februari 2020 di plenary hall Jakarta Convention Centre, dimulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB,” nilai Suhadi yang juga Ketua Kamar Pidana MA.RI ini apresiatif.

Pameran Kampung Hukum tahun ini  sendiri diikuti oleh 31 peserta yang terdiri dari Satuan Kerja Eselon 1 di MA, lembaga/kementrian di bidang Hukum seperti Mahkamah Konstitusi, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Yudisial (KY), Kepolisian RI, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan yang lainnya.

Beragam kegiatan dalam acara yang gratis  dan terbuka untuk umum digelar untuk meramaikan Pameran Kampung Hukum tahun 2020 ini, di antaranya yaitu, talkshow dengan tema E-litigasi sebagai Wujud Modernisasi Peradilan. Selain itu akan diselenggarakan juga seminar motivasi, perlombaan dari masing-masing booth pameran dan aneka gim yang bisa diikuti oleh semua pengunjung di masing-masing booth peserta.

Papua dance, tari saman, musikalisasi puisi, Opo Ono Project, Panca SUICA 4, Putri Chaniago, Yosh Aditya serta motivator Mandra Gunawan juga akan ikut memeriahkan gelaran Pameran Kampung Hukum 2020.

(SA)

Unduh Lampiran