Kontak Kami: (+6221) 344 9335
IKAHI ADAKAN SILATNAS SECARA VIRTUAL DALAM RANGKA HUT KE 68

Jakarta, Sekretariat : Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) mengadakan kegiatan Silaturahmi nasional secara virtual dalam rangka memperingati HUT IKAHI ke 68 tahun 2021 di Command Center Mahkamah Agung RI pada hari Kamis, 18 Maret 2021.

Silaturahmi Nasional (Silatnas) IKAHI secara virtual merupakan kegiatan pertama kali diadakan oleh PP IKAHI dengan peserta seluruh Pengurus Cabang (PC) dan Pengurus Daerah (PD) di seluruh pelosok Indonesia. Meskipun diadakan secara virtual, kegiatan ini diikuti oleh 504 peserta yang bergabung melalui aplikasi zoom dan 1.761 peserta yang mengikuti melalui live streaming youtube PP IKAHI.

Kegiatan silatnas dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Ketua Mahkamah Agung RI dan dihadiri oleh seluruh piminan Mahkamah Agung selaku pelindung dan penasehat IKAHI serta Ketua Umum dan jajaran Pengurus Pusat IKAH.

HAKIM HARUS SOLID

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H.M Syarifuddin., S.H., M.H menyampaikan pesan dalam sambutannya kepada seluruh hakim agar wujud dari soliditas hakim harus diterapkan kepada sesama hakim melaui sikap dan perbuatan agar sesama Hakim harus senantiasa saling mengingatkan satu sama lain agar tidak melakukan perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan lembaga. “sikap saling mengingatkan untuk tujuan kebaikan harus menjadi budaya di kalangan para hakim, karena itulah wujud soliditas yang sebenarnya” jelasnya

Selain itu, pelindung PP IKAHI juga mengamanatkan agar hakim harus berhati-hati dalam mengekspresikan pikiran, ucapan, dan tindakan di media sosial. “Belum tentu apa yang Belum tentu apa yang kita anggap baik, ditafsirkan baik oleh publik. Bisa saja apa yang kita unggah justru menimbulkan kegaduhan di ruang publik atau menimbulkan ketersinggungan bagi orang lain dan sekelompok orang tertentu” jelasnya

Sementara itu, Ketua Umum PP IKAHI Dr. H. Suhadi., S.H., M.H dalam sambutanya menyampaikan bahwa tema HUT IKAHI kali ini adalah Soliditas IKAHI Dalam Mengawal Modernisasi Peradilan di Era Pandemi Covid-19 Menuju Peradilan Yang Agung.” Tema ini memberikan pesan kepada seluruh anggota IKAHI, pentingnya sebuah persatuan, demi mengawal modernisasi peradilan, walaupun dalam suasana pandemi covid-19” ujar Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung ini.

Selain itu, Ketua Umum PP IKAHI menekanan pentingnya Soliditas antar sesama anggota IKAHI karena menjadi salah satu kunci keberhasilan perkumpulan dan lembaga Mahkamah Agung. “Tanpa soliditas yang kuat, niscaya tujuan bersama tidak akan terwujud” urainya.

Kesempatan yang sama, Ketua Panitia HUT IKAHI, Sofyan Sitompul menyampaikan pesan yang dibawa oleh Tema HUT IKAHI agar organisasi hakim semakin professional dalam mengawal modernisasi peradilan melalui spirit kebersamaan, persatuan diantara para anggotanya dari sabang sampai merauke.

Kegiatan silaturrahmi juga diisi dengan sesi dialog antara Pimpinan Mahkamah Agung dan PP IKAHI bersama para pengurus cabang dan pengurus daerah IKAHI untuk menyerap aspirasi dan masukan dari para anggota kepada PP IKAHI. (Sekretariat)